Minggu, 10 Maret 2013


Teks Proklamasi Yang Asli. Setiap tanggal 17 Agustus, kita segenap bangsa Indonesia merayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia.  seperti kita tahu dalam pelajaran Sejarah saat kita sekolah dulu, bahwa kemerdekaan ini tidak kita dapatkan dengan mudah, tidak juga hadiah dari penjajah maupun sekutu, kemerdekaan ini kita rebut dengan mengorbankan harta, jiwa, raga dan nyawa para pahlawan - pahlawan kita yang gugur maupun yang terluka.

Dengan perjuangan yang begitu berat, sudah sepantasnya kita meneruskan perjuangan para pahlawan yang gugur dengan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif yang bisa memajukan negara kita tercinta ini. Kemerdekaan Indonesia tidak bisa lepas dari proklamasi. Saat Bung Karno membacakan teks proklamasi itulah, Bangsa Indonesia telah resmi menjadi bangsa yang merdeka.

Teks Proklamasi yang asli berupa sebuah tulisan tangan di atas sebuah kertas dengan beberapa coretan karena salah penulisan dan banyaknya pertimbangan waktu membuatnya. Naskah asli ini merupakan hasil gubahan Muh.Hatta, A.Soebardjo, dan dibantu oleh Ir.Soekarno sebagai pencatat. Berikut isi dari naskah asli tersebut :

Naskah Asli Tulisan Tangan Bung Karno
Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 - 8 - '05
Wakil2 Bangsa Indonesia.

Sedangkan isi teks proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik (salah seorang pemuda kala itu), berbunyi :

Naskah Ketikan Sayuti Melik

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta.


Dari 2 teks diatas, perbedaan yang paling mencolok terdapat di nama Soekarno/Hatta. Untuk tahun yang tertulis '05 karena sesuai dengan tahun Jepang saat itu yaitu tahun 2605.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar